Tahun Panggilan Oblat 2017

Letter of the Superior General for the Solemnity of the Immaculate Conception 2017

Letter of the Superior General, Fr. Louis Lougen, OMI

YEAR OF OBLATE VOCATIONS

December 8, 2017 – January 25, 2019

The Joy and Generosity of Oblate Life!

 

L.J.C. et M.I.

Happy Feast Day to all those who live the Oblate charism! We begin the Year of Oblate Vocations on the solemnity of our patroness, Mary Immaculate. The grace of her immaculate conception fills us with great joy, love and gratitude for all that God has done in her. This is a missionary feast. Mary’s immaculate conception prepared her for the call and the mission which God would entrust to her: to be a worthy dwelling place for the Son of the Most High. Mary’s faith-filled response inspires us to live faithfully our oblation as missionaries of the Kingdom of Jesus. We entrust this special year, the Year of Oblate Vocations, to the care of Our Lady, firmly believing that she will intercede so that God’s grace, in God’s own time and in God’s own way, will bless our efforts.

 

 

Pedoman Umum Tahun Panggilan Oblat

“Pada Pesta Maria Diangkat ke Surga, kita kembali mengingat rahmat khusus yang diterima Santo Eugenius saat memberkati patung Maria Imakulata pada 15 Agustus 1822.  Rahmat itu mengangkat segala kekuatirannya tentang masa depan kelompok kecil misionarisnya.  Rahmat itu memberikan jaminan bahwa semuanya bukanlah semata-mata ide pribadinya, tetapi sungguh merupakan karya Roh Kudus.  St. Eugenius diberikan keyakinan bahwa “Kelompok yang kita cintai ini” akan menjadi sumber kekudusan yangbesar bagi kita dan keuntungan besar bagi pewartaanGereja.  Kita percayakan “Tahun Panggilan Oblat” kepada Maria Imakulata, model dan pelindung hidup bakti kita.  Semoga kesaksiannya menumbuhkan dalam diri kita keyakinan yang mendalam bahwa tidak ada yang mustahil bagi Tuhan.  Kehadiran Maria Imakulata di antara kita akan membuat “Tahun Panggilan Oblat” ini sebagai sebuah peristiwa yang dipenuhi Roh Kudus, memberikan pada kita sudut pandang yang menakjubkan, dan memenuhi kita dengan harapan yang besar” (Surat Bapa Jenderal kepada Kongregasi, pada peringatan Bunda Maria Diangkat ke Surga, 15 Agustus 2017).

Dalam mempersiapkan diri menuju usia 200 tahun keluarga religius kita, kita memulainya dengan perjalanan iman, Triennium Oblat, di bulan Desember 2013.  Dalam surat pengantar Triennium Oblat, Bapa Jenderal mengajak setiap anggota keluarga Oblat untuk:

  1. Merenungkan dan mengikuti karya pelayanan Yesus.
  2. Berdoa dalam komunitas-komunitas di provinsi masing-masing, memohon kepada Tuhan untuk mengirimkan kepada kita pemuda-pemuda yang ingin bergabung sebagai anggota-anggota baru.
  3. Berdiskusi mengenai situasi panggilan di provinsi kita, sebagai orang-orang beriman yang berpengharapan.
  4. Menunjuk para promotor panggilan full timer yang dapat mengorganisir para Oblat di lapangan untuk menyelenggarakan rekruitmen panggilan kepada mereka yang selama ini tidak tersentuh (Surat Superior Jenderal, 08 Desember 2013).

Inilah upaya untuk menciptakan “Budaya Panggilan” dalam Kongregasi kita. Kita ingin menumbuhkan kesadaran baru akan penting dan mendesaknya rekruitmen panggilan. Kita ingin mengambil empat ajakan tersebut sebagai tujuan dan panduan bagi Tahun Panggilan Oblat.

 

PRAYER FOR OBLATE VOCATIONS

Proposed Prayer for Oblate vocations

Year of Oblate Vocations

(from December 8, 2017 to January 25, 2019)

 

Holy Father,

we come to you because Jesus asked us to pray that you send workers into your harvest.

You so loved the world that you sent your Son so that we might have the fullness of life.

He in turn sent the Twelve and the apostle Paul to announce the good news of salvation.

After them, from generation to generation, you have continued to send workers into the whole world so that everyone might know you.

Then you chose Saint Eugene and through him you brought into being a family of missionaries who have passionately taught “who Christ is” in every corner of the world and have established new Christian communities.

 

 

TAHUN PANGGILAN OBLAT

Surat Pastor Louis Lougen, OMI, Superior Jenderal, untuk “Tahun Panggilan Oblat”

 

LJC et MI

Salam untuk para Saudara Oblat dan para Saudara/Saudari yang menghidupi Kharisma Oblat,

Selamat Pesta Santa Maria Diangkat ke Surga.

Dalam beberapa tahun terakhir ini, suara banyak Oblat muda dari berbagai Regio yang hidup dengan semangat untuk masa depan kita menjelaskan kepada para anggota Generalat bahwa mereka membutuhkan dukungan dan arahan dalam memperbaharui pelayanan mengundang para anggota baru untuk bergabung bersama kita.  Para Oblat muda ini menunjukkan cintanya pada kharisma kita dan keinginan untuk mengundang para anggota baru, meski seringkali harus menghadapi wajah yang membuat kecil hati dan kritikan dari sesama Oblat yang menerima begitu saja dan bahkan membenarkan kurangnya minat kaum muda untuk masuk dalam hidup misionaris religius.

Demikian juga dengan beberapa Oblat senior yang menyerukan pembaruan komitmen bagi pelayanan panggilan.  Mereka mengutarakan kedalaman iman mereka bagi kemampuan Tuhan untuk meningkatkan jumlah panggilan bahkan dalam masa-masa yang paling penuh tantangan.  Ingatlah akan batu yang dipukul Musa dengan tongkatnya!  Para Oblat senior ini percaya bahwa karya Roh Kudus akan terus menarik kaum muda untuk mempersembahkan dirinya guna mengikuti Yesus sebagai seorang Misionaris Oblat Maria Imakulata.

 
Copyright © 2010. Oblat Maria Imakulata. Website Design by Yopdesign.