Etika Pastoral

Judul Buku: Etika Pastoral (Dilengkapi dengan Kode Etik)

Pengarang: Richard M. Gula, S.S.

Penerbit: Kanisius

Tahun Terbit: 2009

Tebal Buku: 244 halaman

Bacaan wajib bagi setiap pelayan pastoral. Perpaduan teori ilmiah dan pengalaman pastoral merupakan salah satu keunggulan karya ini. Paparan, arahan, batas-batas, dan strategi penting dalam pelayanan pastoral sangat menolong para pelayan tertahbis dan tak tertahbis, baik yang Katolik maupun Protestan, selama pelaksanaan tugas. Buku ini tidak hanya menyebutkan masalah-masalah tetapi juga mengindentifikasi strategi-strategi pencegahan. Suatu penemuan yang menakjubkan. (Kanisius Media)

 

Perpaduan teori ilmiah dan pengalaman pastoral termasuk salah satu keunggulan karya R. Gula.  Paparan, arahan, batasan-batasan, dan strategi penting dalam pelayanan pastoral sangat menolong para pelayan tertahbis dan tak tertahbis selama pelaksanaan tugas.  Keutamaan moral, teologial, dan nilai-nilai dasar dalam buku ini menjadi kekayaan rohani yang masih terpendam dan perlu digali terus oleh seorang pelayan pastoral sehingga dapat menunaikan tugas dengan baik dan bertanggungjawab.  Buku ini akan sangat membantu setiap pelayan pastoral. (William Chang, OFMCap, Ketua Jurusan Pascasarjana STT Pastor Bonus)

Etika Pastoral seharusnya menjadi bacaan 'wajib' bagi kaum imam, baik yang Katolik maupun Protestan.  Buku yang mudah dibaca ini mengandung segudang informasi dan bahan permenungan.  Sambil menggabungkan suatu perhatian pada teori keutamaan, aturan-aturan moral, dan masalah-masalah wewenang dan profesional.  Gula menawarkan suatu kerangka untuk menilai masalah-masalah umum pelayanan.  Yang sangat membantu adalah usaha-usahanya yang tidak hanya menyebutkan masalah-masalah, tetapi juga mengidentifikasi strategi-strategi pencegahan.  Suatu penemuan yang menakjubkan. (Karen Lebacqz, PhD, McGill University)

Apa yang istimewa dari buku ini?

Buku yang terdiri dari 3 bab ini membahas pertama-tama tentng Kerangka Teologis - Etis lewat 4 sub-bab: Dasar-Dasar Teologis; Watak dan Keutamaan Pelayan; Tugas-Tugas Profesional; dan Kuasa dalam Hubungan Pastoral.  Dalam bab ke-2, buku ini mengangkat beberapa permasalahan umum dan yang sering terjadi dalam pelayanan: Seksualitas dan Kondifensialitas.  Bab terakhir, Bab 3, mengupas usulan Kode Etik Pelayanan Profesional, karena disebutkan di dalam buku ini bahwa "para pelayan pastoral dalam Gereja Katolik Roma tidak mempunyai kode etik yang resmi" sehingga "kerumitan pelayanan pastoral menuntut sederet panduan untuk perilaku etis dalam pelayanan."

Eugene de Mazenod

Kemampuannya dalam pewartaan injil dan bakat kepemimpinannya dalam mengarahkan berbagai Misi merupakan tanda-tanda lahir hidup batin yang menjadikan Eugene de Mazenod sebagai penjala manusia.

Readmore

Copyright © 2010. Oblat Maria Imakulata. Website Design by Yopdesign.