Catatan Perjalanan Seorang Oblat (20)

Pengantar:

Pastor Antonius Sussanto, OMI, Magister Novis OMI Provinsi Indonesia sedang mengikuti workshop untuk para Magister Novis Kongregasi OMI yang bertajuk "Formation to Oblate Religious Life and Novitiate Experience", di Aix-en-Provence, Perancis, pada 10-31 Juli 2018.  Pastor Sussanto, OMI membagikan pengalamannya itu lewat jurnal yang dikirimkannya dari Perancis berikut ini:

 

Minggu, 30 Juli 2018

Seperti biasanya hari Minggu menjadi hari istirahat dan refreshing. Kami mengadakan Perayaan Ekaristi yang kami sebut “Misa internasional” - karena yang hadir dari berbagai negara. Kesempatan ini kami gunakan juga untuk memperkenalkan OMI dan beramah tamah dengan umat yang hadir.

Siang hari saya memperoleh kesempatan untuk mengunjungi tempat asal Pastor Marius Susanne, OMI, Novis pertama dan imam Oblat muda yang penuh semangat tapi berusia pendek. Di kampung Fuveau ini Pastor Eugenius de Mazenod pernah berkarya misi dengan dibantu oleh Seminaris Suzanne. Di akhir misi, didirikanlah Salib Misi tertanda tahun 1816.

Kami kunjungi juga bukit batu Sainte Victoire yang indah dan mempesona.

 

 

Senin, 30 Juli 2018

Setelah cukup beristirahat di hari Minggu, kami lanjutkan program hari ini dengan kesimpulan dan usulan bagi perkembangan formasi tahap inisiasi hidup religius,  yakni novisiat.  Kami juga masih mendengarkan kisah panggilan dari Pastor Anthony Bochm, OMI (Jerman), Pastor Bonga Thami, OMI (Komunitas Aix),  dan Pastor Hilario Asilo, OMI (Filipina). Dari mereka bertiga nampak bahwa benih panggilan bermula dari dalam keluarga. Kebiasaan hidup religius ditanamkan sejak kecil oleh orangtua dan berkembang semakin kuat sejalan dengan bertambahnya kedewasaan. Syukur atas keluarga dan atas rahmat panggilan!

 

(Penulis & Foto:  Pastor Antonius Sussanto, OMI)

 

 

 

 

Suasana Misa Internasional

 

Ramah-tamah seusai Misa Internasional

 

 

Salib Misi di Fuveau yang didirikan oleh St. Eugenius de Mazenod

 

 

Gereja St. Mikael, Fuveau

 

 

 

 

 

Bukit Batu Sainte Victoire

Eugene de Mazenod

Kemampuannya dalam pewartaan injil dan bakat kepemimpinannya dalam mengarahkan berbagai Misi merupakan tanda-tanda lahir hidup batin yang menjadikan Eugene de Mazenod sebagai penjala manusia.

Readmore

Copyright © 2010. Oblat Maria Imakulata. Website Design by Yopdesign.