Santa Maria: Teladan Beriman dan Bermisi

Santa Maria adalah Teladan dalam Beriman dan Melaksanakan Misi

 

Perikop Kitab Suci:  Lukas 1:26-38

Renungan Singkat:

Kita sudah sering mendengar kisah percakapan di antara Perawan Maria dengan malaikat Gabriel. Dalam kisah ini, kita dibuat terpesona dan bangga dengan sikap Maria yang menyanggupi panggilan Allah untuk terlibat dalam karya penyelamatan dunia. Maria sesungguhnya tidak tahu banyak tentang konsekuensi atau pun resiko dari kesediaannya itu di masa depan. Ia sungguh seorang yang pemberani. Ia percaya 100% kepada Allah meski ia tidak tahu 100% masa depannya. Inilah sesungguhnya arti dari sebuah sikap yang dinamakan ”beriman”. Sikap seperti ini juga perlu dimiliki oleh setiap orang yang hendak terlibat dalam misi atau pelayanan gereja.

 

Mengait kepada Kisah Kehidupan St. Eugenius de Mazenod:

Bagi Santo Eugenius de Mazenod, Bapa Pendiri Kongregasi OMI, Santa Maria adalah model dan teladannya dalam beriman dan dalam menghayati hidupnya sebagai misionaris.

Santo Eugenius meminta para Oblatnya untuk meneladan Santa Maria. Seperti Santa Maria, setiap Oblat juga harus selalu siap menerima perutusan apapun. Kepada para Oblatnya, antara lain Pendiri OMI itu menulis demikian:

”Maria yang dikandung tanpa noda, berkat jawaban imannya dan keterbukaan diri seutuhnya kepada panggilan Roh, adalah suri teladan dan penjaga hidup bakti kita.” (Konstitusi OMI no.13)

”Diinspirasikan oleh teladan Maria, kita menghayati bakti diri kita kepada Yesus Kristus dengan kesetiaan yang selalu kreatif dalam melayani Gereja dan Kerajaan Allah.” (Konstitusi OMI no. 46)

 

Sharing iman:

Pernahkah dan dalam peristiwa hidup apakah Santa Maria sungguh menjadi teladan Anda dalam menghayati iman Anda sebagai orang Katolik selama ini?

 

(Ditulis oleh Pastor F.X. Rudi Rahkito Jati, OMI, Animator Triennium Distrik Jakarta, "Bersama St. Eugenius de Mazenod, Makin Dekat dengan Bunda Maria", Panitia Triennium Distrik Jakarta)

** Catatan: Renungan di atas dapat menjadi bahan pertemuan Triennium sambil berdoa Rosario.

Eugene de Mazenod

Kemampuannya dalam pewartaan injil dan bakat kepemimpinannya dalam mengarahkan berbagai Misi merupakan tanda-tanda lahir hidup batin yang menjadikan Eugene de Mazenod sebagai penjala manusia.

Readmore

Copyright © 2010. Oblat Maria Imakulata. Website Design by Yopdesign.