Triduum Santa Maria Imakulata - Maria: Bunda Yang Sensual

Pengantar

Menyambut Hari Raya St. Maria Imakulata biasanya Komunitas OMI mempersiapkannya dengan retret, rekoleksi, novena, triduum, bahkan pertobatan dan puasa, atau kegiatan rohani lainnya. Maksudnya adalah untuk mempersiapkan batin agar peristiwa itu bisa dirayakan dengan penuh sukacita dan bermakna. Tahun 2018 ini Komunitas Novisiat OMI mempersiapkan diri dengan triduum yakni tiga hari doa devosi kepada St. Maria Imakulata. Sekaligus para novis mempersiapkan diri untuk melaksanakan Kursus Gabungan Novis Psiko-Seksual yang akan dilangsungkan di Wisma Maya Kaliurang pada 07 – 11 Desember 2018. Oleh sebab itu tema yang direnungkan dimaksudkan untuk menghayati seksualitas secara utuh baik jasmani, mental maupun rohani.  Bertepatan dengan peringatan kanonisasi St. Eugenius de Mazenod (03 Des) dan Para Martir Oblat Laos (04 Des), semoga para novis semakin dimurnikan dalam mengikuti panggilan Tuhan.

Devosi Maria Imakulata atau Maria Yang dikandung Tanpa Noda sudah berkembang lama dalam Gereja. Paus Siktus IV pada tahun 1476 meresmikannya sebagai pesta perayaan umum Gereja setiap tanggal 08 Desember. Ia tidak membuat doktrin tersebut sebagai sebuah dogma sehingga membiarkan umat Katolik Roma untuk bisa percaya atau tidak tanpa resiko dituduh menentang ajaran Gereja. Selanjutnya Paus Pius IX melalui Konstitusi Apostolik Ineffabilis Deus pada tanggal 08 Desember 1854 menyatakan secara resmi Maria Imakulata sebagai dogma dan St. Eugenius terlibat.

Sedangkan pada tanggal 03 Desember 1996 Paus Yohanes Paulus II memberi gelar “Santo” bagi seluruh Gereja warisan mulia Sang Penyelamat kepada Eugenius de Mazenod. Pesan Paus: “Kaum muda-mudi yang terkasih, dalam St. Eugenius kamu sekarang memiliki seorang guru, pemimpin dan pelindung. Dalam ajarannya betapa baik kehidupan yang dipersembahkan untuk pelayanan Injil. Pada hari ini Gereja berterima kasih karena St. Eugenius yang telah mengenakan Kristus, mengorbankan hidupnya bagi pelayanan Injil Allah. Dan kamu Misionaris Oblat Maria Imakulata, yang bekerja semakin serius untuk mengenal Kristus secara pribadi dan untuk memperkenalkanNya kepada orang-orang lain, teruskanlah mengikuti jejakNya dan berusaha untuk menjadi orang suci. Dengan berani kamu harus menempuh jalan yang telah ditempuh oleh sedemikian banyak pelayan Injil.”

Mari kita bersatu dalam doa bagi kemurnian hidup kita dan terutama bagi panggilan hidup sebagai Misionaris OMI.

DOA MENGHORMATI MARIA YANG TAK BERNODA

Semua makhluk menghormati Engkau, ya Maria!

Sebab dari dirimu terbitlah Matahari Keadilan,

yaitu Kristus Tuhan kami.

 

P: Marilah kita menghormati Santa Perawan Maria

yang terkandung tanpa noda.

 

U: Marilah kita menyembah Kristus Tuhan, yang telah menjaganya.

 

Marilah berdoa:

Ya Bapa,

citra Perawan telah ditemukan dalam GerejaMu.

Maria percaya bahwa RohMu telah siap

dan cinta yang tak mengenal dosa

Kau anugerahkan kepadanya

agar dia tetap murni, sejak dalam kandungan.

Terangilah semua tindakan kami dengan cintanya.

Terangilah hati kami dengan kesiapsediaan iman Maria.

Siapkanlah lagi suatu dunia bagi PuteraMu,

yang hidup dan berkuasa bersama Engkau dan Roh Kudus,

kini dan sepanjang masa.

Amin.

 

Hari I : Selasa, 04 Desember 2018

Jadilah Padaku… : Murnikanlah Badanku.

(Luk 1:38; Luk 22:42)

 

Permenungan:

Naluri kita sebagai laki-laki dan perempuan mudah terusik oleh situasi dan keadaan. Tetapi ada tugas perutusan yang harus kita emban. Untuk menjalankannya kita perlu ketaatan dan penyerahan. Maria menyambut tugasnya dengan keyakinan bahwa Tuhan tidak akan meninggalkan. Seperti Maria kita siap menyambut perutusan meski kadang mengusik kenyamanan, tapi kita yakin demi kebahagiaan.

 

Peneguhan - St. Eugenius:

Bersama Maria di kaki salib, kita mengulangi terus Firman ini yang bisa meringankan setiap derita: Jadilah kehendakMu.

 

Hari II : Rabu, 05 Desember 2018

Buatlah itu… : Murnikanlah Jiwaku.

(Yoh 2:5; Yoh 13:15)

 

Permenungan:

Tuhan menciptakan kita berbeda tentu dengan tujuan agar kita bisa menjadi penolong yang sepadan. Dalam menjalani kehidupan ada saja tantangan. Maria yang peka hatinya memintakan pertolongan Tuhan. semoga hati kita juga mudah tergerak oleh kebutuhan yang mendesak demi keselamatan.

 

Peneguhan - St. Eugenius:

Mari kita berdoa dengan sungguh-sungguh, agar Bapa keluarga kita mengutus pekerja-pekerja untuk mengolah kebun anggur yang dititipkanNya kepada kita. Tergantung pada Ibu kita yang baik untuk mengusahakan bantuan ini demi kemuliaan Putera Ilahi.

 

 

Hari III : Kamis, 06 Desember 2018

Tinggallah di dalam Kasih-Ku itu… : Murnikanlah Rohku.

(Luk 2:48; Yoh 15:9)

 

Permenungan:

Kadang kita seperti tidak diperhatikan Tuhan, bahkan Tuhan hilang dari hidup kita. Tetapi Dia ada di sana memanggil kita untuk tinggal dalam kasihNya. Maria penuh kasih dan perhatian mencari Tuhan. Penemuannya sungguh mengejutkan. Yesus mengajaknya tinggal di rumah BapaNya, rumah penuh kasih dan sukacita. Seperti Maria kita juga diajak untuk tinggal dalam kebersamaan dengan Tuhan. Semoga kita bersukacita dalam kasih.

 

Peneguhan - St. Eugenius:

Cintailah dan hormatilah St. Perawan Maria. Tetapi arahkanlah doa-doa kalian kepada Allah, dengan menitipkannya kepada bantuan doa penuh kuasa Bunda Maria…. Bukan gambar, bukan patung yang akan mengabulkan doa kalian. Santa Perawan sendiri akan mendengar permohonan-permohonan kalian dan untuk kalian ia akan mendapat bantuan yang hanya berasal dari Allah dan bertujuan padaNya.

 

Sensualitas Maria: berkat naluri kewanitaan dan keibuannya, ia membawa kita semakin intim dengan Yesus dan sesama.

 

Struktur Doa:

1. Lagu Pembuka: Syukur Kami PadaMu, Tuhan

2. Penegasan tema, permenungan dan peneguhan

3. Pendarasan Rosario

4. Doa Menghormati Maria Yang tak Bernoda

5. Lagu Penutup: Queen of Oblates

 

Selamat Menyambut Pesta Santa Maria Imakulata!

 

(Sumber:  Pastor Antonius Sussanto, OMI, Magister Novis, Novisiat OMI "Beato Joseph Gerard", Blotan, Yogyakarta)

Eugene de Mazenod

Kemampuannya dalam pewartaan injil dan bakat kepemimpinannya dalam mengarahkan berbagai Misi merupakan tanda-tanda lahir hidup batin yang menjadikan Eugene de Mazenod sebagai penjala manusia.

Readmore

Copyright © 2010. Oblat Maria Imakulata. Website Design by Yopdesign.