Bulan Misi Luar Biasa Oktober 2019: Dibaptis dan Diutus

 

 

Bapa Suci Paus Fransiskus mencanangkan bulan Oktober 2019 sebagai “Bulan Misi Luar Biasa” dengan tema "Dibaptis dan Diutus" untuk memperingati 100 tahun terbitnya Surat Apostolik “Maximum Illud” yang ditulis oleh Paus Benediktus XV. Melalui peringatan ini, Paus Fransiskus mengajak seluruh Gereja untuk menyadari tugas yang amat agung dan luhur yang diberikan oleh Yesus Kristus sendiri, yakni mewartakan Injil.

Surat Apostolik “Maximum Illud” sendiri terdiri dari 3 bagian besar, yakni Pertama: Paus Benediktus XV menyampaikan tanggungjawab para penyelenggara misi.  Mereka hendaknya bertindak bagaikan bapa “yang siap sedia, rajin, penuh perhatian dan kasih” yang merangkul semua dan segalanya dengan penuh kasih sayang, dengan berbagi sukacita dan dukacita, mendampingi dan mendorong setiap prakarsa baik dan menganggap seperti miliknya sendiri semua yang dipercayakan kepadanya.

 

Bagian kedua berisi semacam panduan atau norma-norma yang penting bagi para misionaris.  “Tentu saja sungguh menyedihkan jika ada misionaris yang melalaikan martabatnya sendiri, sehingga lebih memikirkan tanah air duniawinya daripada surgawinya.”

 

Bagian ketiga menyampaikan peran penting seluruh umat beriman untuk membantu penyelenggaraan misi.  Bantuan itu bisa dalam bentuk doa, menumbuhkan jumlah para misionaris, dan materi yang diperlukan untuk mendukung misi.

Semoga “Bulan Misi Luar Biasa” ini menjadi waktu yang sangat istimewa bagi para Misionaris Oblat Maria Imakulata (OMI) dan seluruh awam yang bekerjasama dengan para Oblat untuk merefleksikan segala karya misi yang telah dan sedang dijalankan hingga sekarang ini. Dalam terang Roh Kudus serta tuntunan Bunda Maria Imakulata, mari bersama-sama kita manfaatkan kesempatan ini.  St. Eugenius de Mazenod, doakanlah kami. Amin.

 

(Tim Website OMI Indonesia/Daftar Pustaka: www.dokpenkwi.org)

Eugene de Mazenod

Kemampuannya dalam pewartaan injil dan bakat kepemimpinannya dalam mengarahkan berbagai Misi merupakan tanda-tanda lahir hidup batin yang menjadikan Eugene de Mazenod sebagai penjala manusia.

Readmore

Copyright © 2010. Oblat Maria Imakulata. Website Design by Yopdesign.