Deprecated: Call-time pass-by-reference has been deprecated in /home/omiindonesia/public_html/plugins/content/jw_disqus.php on line 40

Deprecated: Call-time pass-by-reference has been deprecated in /home/omiindonesia/public_html/plugins/content/jw_disqus.php on line 40

Gua Maria Mentogok

Bermula dari kebaikan hati seorang pemuda asal Flores yang menghibahkan sebagian dari kebunnya kepada Gereja lewat Pastor Yosef Rebussi, OMI. Oleh para Misionaris OMI asal Italia yang berkarya di pedalaman Kalimantan Timur, tanah tersebut kemudian dijadikan tempat devosi bagi Bunda Maria. “Pastor Carlo Yalai, OMI yang pertama menjadikan lahan itu sebagai Gua Maria dengan sebuah kapel. Lalu saat mendiang Pastor Antonio Bocchi, OMI menjadi Pastor di Paroki Tarakan, Beliau yang melanjutkan pembangunan Gua Maria Sungai Mentogok ini,” demikian Pastor Yosef mengenang.

 

Rumah Wisata dan Rohani Bintang Laut

Umat Katolik sekarang ini sering memilih alternatif untuk mengisi batin sambil berwisata.  Ziarah Rekreasi (Ziarek) atau juga Retret/Rekoleksi sambil berwisata mempererat tali silahturahmi antar umat sekarang marak diselenggarakan.

 

 

Rumah Retret Santa Maria Immaculata, Kaliori

Rumah Retret “Santa Maria Immaculata” Kaliori  merupakan salah satu wujud perkembangan dari Gua Maria Kaliori. Kondisi konkrit seperti kebutuhan akan adanya penginapan bagi peziarah yang berasal dari jauh dan permintaan  retret/rekoleksi serta bimbingan rohani yang jumlahnya cukup tinggi tiap bulannya pada imam-imam OMI yang bertugas di Gua Maria Kaliori, menuntut untuk didirikannya  sebuah rumah retret. Kongregasi OMI sendiri memiliki tradisi mendirikan dan mengelola Rumah Retret. Hal inilah yang mendorong Romo Patrick MacAnally, OMI dan Romo Yohanes Kevin Cassey, OMI ( yang saat itu mengelola Gua Maria Kaliori) untuk mendirikan sebuah rumah retret yang kemudian diberi nama ”Rumah Retret Santa Maria Immaculata”.

 

 

Gua Maria Kaliori, Banyumas

Gua Maria Kaliori didirikan atas inisiatif tokoh-tokoh awam Katolik yang mengikuti Retret Awal Hidup Baru di Ngadireso, Tumpang, Malang. Para tokoh awam ini merasa tersentuh dan dibaharui hidupnya sehingga mereka mau berbuat sesuatu untuk Gereja dan masyarakat. Dengan semangat yang masih menggebu ini, tokoh-tokoh awam ini mengadakan ziarah ke Gua Maria Sendangsono dan Gua Maria Kerep, Ambarawa.

 

 

Eugene de Mazenod

Kemampuannya dalam pewartaan injil dan bakat kepemimpinannya dalam mengarahkan berbagai Misi merupakan tanda-tanda lahir hidup batin yang menjadikan Eugene de Mazenod sebagai penjala manusia.

Readmore

Copyright © 2010. Oblat Maria Imakulata. Website Design by Yopdesign.