Putera Puteri de Mazenod (PPDM)

PPdM kependekan dari Putra Putri de Mazenod adalah nama dari sekelompok anak muda yang sebagian besar adalah siswa-siswi Sekolah Maria Imakulata Cilacap yang ada di bawah Yayasan Sosial Bina Sejahtera (YSBS) yang dinaungi oleh para Oblat Provinsi Indonesia.  Ada juga anak-anak yang bersekolah di luar lembaga pendidikan Maria Imakulata. Mengapa sampai ada kelompok PPdM ini?

Hal ini berawal dari gagasan Pastor Vincentius Kaya Watun OMI antara lain:

  • Memperhatikan kaum muda yang menjadi salah satu semangat Bapa Pendiri Kongregsi OMI yaitu Santo Eugenius de Mazenod.
  • Memperkenalkan Kongregasi OMI yang sudah lama berkarya di Paroki St. Stephanus Cilacap namun umat belum mengenal siapa itu Santo Eugenius de Mazenod.
  • Memperkenalkan karya-karya para OMI kepada kaum muda.
  • Mencari bibit-bibit panggilan untuk melanjutkan karya-karya OMI khususnya di Cilacap dan umumnya bagi kebutuhan Gereja masa kini.

Pada mulanya, sekitar tahun 2009,  kelompok ini disebut sebagai GKM (Gereja Kaum Muda) yang berbasis kegiatan di Kapel Santo Eugenius de Mazenod, Cilacap. Dalam kelompok ini, anak-anak dilatih untuk melayani umat dalam hal yang paling sederhana di dalam Gereja antara lain mempersiapkan peralatan dan kebutuhan untuk Perayaan Ekaristi, membersihkan gereja supaya umat dapat mengikuti Perayaan Ekaristi dengan nyaman dan bersih, menjadi putra-putri Altar, membantu mengatur kerapian parkir kendaran bermotor di halaman Kapel, dan lain sebagainya. Setelah sekian lama berjalan, karena satu dan lain hal, kelompok ini mengalami  surut di dalam pelayanan.

Pada tahun 2012 kelompok ini mengubah nama Gereja Kaum Muda (GKM) menjadi Putra-Putri de Mazenod (PPdM). Ide tersebut berasal dari para pengurus yang lalu dikomunikasikan kepada para Bapak-Ibu Pembimbing Kelompok.  Dan disepakatilah nama kelompok ini menjadi "Putra Putri de Mazenod" yang menghidupi semangat Santo Eugenius de Mazenod.

Pada tanggal 12 Oktober 2012 dikukuhkan nama kelompok ini dalam Misa Kudus Novena Santo Eugenius de Mazenod oleh Provisial OMI Indonesia, Pastor Antonius Rajabana, OMI di Kapel Santo Eugenius de Mazenod Cilacap.

 

Visi

Menciptakan generasi muda Katolik yang cinta Gereja, peduli terhadap kaum miskin, tersingkir dan difabel sesuai dengan semangat St. Eugenius de Mazenod.

Misi

Menjadi Putra-Putri Altar, menjadi pendamping PIA, membantu tugas koster, membantu membersihkan Gereja terutama pada hari besar, membantu tugas liturgi seandainya tidak ada petugas, mengadakan kegiatan doa setiap hari sabtu, mendalami semangat St. Eugenius de Mazenod lewat kegiatan rekoleksi, mengadakan kegiatan panggilan, mengunjungi dan mendoakan orang sakit, jompo, difabel, mengikuti kegiatan yang diselenggarakan para Pastor OMI, melatih anak untuk berani tampil di Gereja, melatih anak untuk berani memimpin doa.

Keanggotaan

  1. Putra-Putri de Mazenod beranggotakan anak/orang Katolik minimal berusia 11 tahun (sudah menerima Komuni Pertama , mempunyai semangat menggereja, dan mau melanjutkan  spiritualitas/semangat Santo Eugenius de Mazenod.
  2. Keanggotaan Putra-Putri de Mazenod diatur dalam Anggaran Rumah Tangga.

 

Jumlah anggota PPdM sekarang telah lebih dari 50 orang yang aktif.  Bagi anggota yang sudah melanjutkan studi keluar kota seperti di Yogyakarta, mereka pun membentuk komunitas PPdM Yogyakarta yang pusat kegiatan doa dan sharingnya adalah Komunitas Novisiat OMI "Beato Joseph Gerard" di Blotan, dengan dibimbing sementara oleh Magister Novis, Pastor Antonius Sussanto, OMI bersama para Frater/Bruder OMI.

Kegiatan

Kegiatan kelompok ini amat sangat berkembang dalam pengetahuan tentang sejarah Bapa Pendiri. Setiap tanggal 31 Mei, kami mendapatkan bimbingan spiritualitas Santo Eugenius de Mazenod oleh para Oblat sehingga para anggota PPdM mendapat pencerahan tentang Bapa Pendiri Kongregasi dan tak lupa juga diberikan pencerahan tentang Bunda Maria Imakulata sebagai Ibu Gereja. Kerendahan hati Bunda Maria perlu selalu diteladani oleh setiap anggota PPdM.

Dalam menghayati semangat Santo Eugenius de Mazenod, para Putra-Putri de Mazenod juga melayani orang orang miskin dan terlantar. Kegiatan dibuat sebagai suatu kegiatan berbagi (share).

Dalam waktu-waktu tertentu, PPdM membagikan makan kepada orang miskin, gelandangan, pemulung dan orang kurang waras (gila).

Banyak hal yang didapatkan dari kegiatan ini. Para anggota menjadi memiliki perasaan untuk berbagi kepada orang yang tersingkir dalam masyarakat, karena mereka pun sama-sama ciptaan Tuhan yang perlu disapa dan layani, meskipun kegiatan ini masih bersifat temporer. Kegiatan PPdM didampingi dan didukung oleh Pastor Yohanes Damianus, OMI yang begitu memberi semangat kepada kami, para anggota PPdM dan pendamping.  Para pendamping juga bisa belajar untuk turut serta menghayati semangat Santo Eugenius de Mazenod.

Pelayanan menjadi Putra-Putri Altar, membantu mengajar PIA, kunjungan ke Stasi-Stasi, ikut dalam Aksi Panggilan OMI, doa bersama setiap hari Sabtu sebelum misa Sabtu sore, memimpin doa rosario sebelum Misa di Kapel de Mazenod, dll.

(Penulis:  Bpk. Kamelus Lodjing, Pendamping PPdM, Cilacap)

Copyright © 2010. Oblat Maria Imakulata. Website Design by Yopdesign.